468x60 Ads

,

Cara Membuat Blog di Blogspot


Sebelum membahas mengenai bagaimana cara membuat blog, ada baiknya jika kita mengerti apa itu definisi atau pengertian blog. Jika ditanya mengenai pengertian blog, setiap orang pasti mempunyai jawaban yang berbeda, meskipun jawabannya berbeda, makna dari jawaban mereka pasti tidak jauh berbeda.
cara membuat blog

Definisi Blog

Menurut Saya, blog adalah sebuah situs website yang memungkinkan penggunanya dapat menuliskan atau memposting berbagai hal sesuai dengan keinginannya dengan mudah, (tanpa harus memiliki pengetahuan html rumit) dan dapat dikomentari oleh pengunjungnya. Dengan urutan tulisan terbalik dimana tulisan terbaru berada di paling atas kemudian diikuti oleh tulisan lama di belakangnya. Pada awalnya blog hanya berisi sebuah catatan pribadi atau diari online pemiliknya, namun dewasa ini topik blog telah berkembang lebih luas sebagai ajang berbagi pengetahuan, seperti pendidikan, kesehatan, teknologi dan lain-lain. Bahkan blog juga telah digunakan untuk sebuah perusahaan sebagai media untuk lebih dekat dengan pelanggan dan mitra bisnisnya. (referensi, wikipedia.com blogger.com)

Cara Membuat Blog

Menurut saya, ada dua layanan blogging yang telah diakui kehebatannya oleh para blogger di seluruh dunia. Yaitu Blogspot (blogger.com; sebuah layanan yang dimiliki oleh google) dan WordPress.com. Namun karena judul artikel ini adalah cara membuat blog di blogspot, jadi artikel kali ini akan membahas blogspot saja. Bagi kamu yang ingin membaca panduan wordpress silahkan baca di sini.
Untuk selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah cara membuat blog lengkap di berikut ini :
1. Untuk memulai mendaftar blog di blogspot silahkan kunjungi alamat situs  www.blogger.com, setelah itu cari tombol Sign up (daftar) yang ada di pojok kanan atas, seperti gambar di bawah ini
Biasanya untuk pembuatan akun email di GMAIL, kita harus melakukan verifikasi lewat nomor handphone, jadi usahakan masukan nomor handphone kita,untuk dikirimin sms kode verifikasi dari Google.

Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
Pada bagian ini, Anda akan disuguhkan dengan dua pilihan opsi Profil, yaitu profil menggunakan Google Plus, atau Profil menggunakan Profil blogger Terbatas, silahkan anda pilih sesuai yang anda inginkan, kalau saya sendiri disini memilih untuk menggukaan tampilan profil pada "Tampilan Blogger Terbatas".

Lalu setelah selesai memilih opsi profil, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Isi dengan Nama Tampilan dengan nama yang sesuai dengan yang anda inginkan, setelah selesai, Klik pada "Lanjutkan ke Blogger".

Untuk sampai langkah disini Anda baru selesai untuk membuat akun bloggernya, setelah ini kita lanjut ke proses selanjutnya yaitu membuat sebuah blog di Blogger.com.

Membuat Blog di Blogger.com

Setelah semua langkah diatas selesai, klik "Blog baru" untuk menciptakan blog. Lalu akan muncul halaman untuk memilih Judul, Alamat Blog dan Template yang anda gunakan. Lihat gambar dibawah ini :
Judul 
-->> Digunakan sebagai Nama blog. sebagai contoh saya kasi nama : Contoh Saja
Alamat
-->> Merupakan url alamat blog, Contoh :  MasterAstronomi.blogspot.com
Template
-->> Ada banyak template bawaan dari blogger yang tersedia, silahkan pilih sesuai dengan yang anda sukai,
lalu klik "Buat Blog"

Selamat . . . ! Blog Sudah Jadi,,,!!!


Selamat untuk anda ! sampai langkah disini, kita sudah berhasil menciptakan/membuat sebuah Blog di Blogger, akan tetapi masih kosong/belum ada entri. Agar tidak kosong barulah kita isi dengan foto, video, maupun artikel/tulisan tulisan curhat curhatan sesuai yang kita inginkan. Semoga bermanfaat. ^_^
Semoga artikel tentang Cara Membuat Blog di Blogspot bermanfaat untuk anda dan jika ingin mencopy artikel ini mohon untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.
http://masterastronomi.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-blog-di-blogspot.html
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Anda dapat berkomentar disini. Tetapi Admin harap komentar anda bebas dari SPAM, Pornografi, Sara, dan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain.
Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...